Advertisements

Jual foto copy canon semarangPROMO CANON IR1453!!!

istilah Plotter masih asing di telinga kita. Plotter merupakan printer,untuk printer jenis masih jarang di temui pada tempat print dan fotokopi.Mengapa dikatakan plotter sama dengan mesin printer pada umumnya. Karena jika dilihat sisi fungsi dan cara kerjanya itu sama dengan mesin printer yaitu mencetak gambar dari data masukan.

Selain ukurannya yang lebih besar dari pada printer pada umumnya, plotter juga merupakan printer dengan kemampuan untuk print dalam skala yang besar. Maka dari itu plotter masih jarang di jumpai karena tidak terlalu sering di gunakan orang dan plotter biasanya banyak digunakan oleh orang yang menggeluti profesi di bidang arsitektur.

Plotter adalah Printer grafis yang menggunakan pena-pena tinta untuk menggambar , plotter juga merupakan perangkat keras output pertama yang dapat mencetak gambar dengan ukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering. Adapun pengertian lain dari plotter adalah sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan.

Plotter merupakan jenis printer khusus yang dirancang untuk menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter yang ada pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar dapat ditampilkan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter untuk menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

Head pada plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar untuk menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Pada dasarnya, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters.

Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang akan selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas untuk menghasilkan gambar.

Plotter memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

  1. Kelebihan plotter adalah :
  2. Plotter dapat mencetak halaman kerja dengan skala yang besar.
  3. Pemapatan dari head plotter lebih teratur dan merapat sehingga hasil dari cetakan plotter lebih bagus dan tidak mudah pecah.
  4. Dalam plotter pena proses pengerjaan atau dalam proses pencetaknya menggunakan teknik line per line hingga membentuk daerah arsir yang merapat dan juga cetakan yang dihasilkan pastinya lebih bagus.
  5. Dalam plotter pemotong kelebihanya dapat sekaligus mencetak pola seperti bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, dimana fungsi plotter untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
  6. Memiliki port dan slot memory atau media penyimpanan seperti memory micro yang langsung dapat diintegrasikan dengan plotter tanpa melakukan kerja dikomputer. Dan sampai saat ini sudah ada plotter yang memiliki LCD yang melekat pada bagian depan plotter sehingga dapat memudahkan user atau pengguna ketika memilih objek yang akan dicetak tanpa menggunakan kerja dari komputer.
  7. Kelemahan plotter
  8. Karena hasil cetakan plotter rata-rata menghasilkan hasil yang memuaskan, otomatis waktu pengerjaan yang dibutuhkan juga relatif lambat, terutama pada plotter pena yang dalam pengerjaanya membuat arsiran-arsiran pada sebuah kertas format lebar  merapat sehingga dapat membentuk suatu karakter.
  9. Ada beberapa jenis plotter seperti ploter thermal dan juga plotter pena yang cepat mengalami panas terutama pada pin dan juga pena yang digunakan untuk mencetak pada plotter.
  10. Sulit untuk mencetak format kertas yang ukuranya lebih kecil dan juga hasilnya tidak memuaskan.
  11. Mudah menghabiskan tinta pada ink jet plotter karena mencetak dalam format ukuran yang lebar.
  12. Spare part dan accesoriess yang dimiliki oleh plotter memiliki harga yang cukup relatif mahal.
Categories: BLOG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp us